Selasa, 25 September 2012

Aktualisasi Diri


Seorang pemuda merasa tidak puas dengan pekerjaannya, entah karena gajinya yang tidak sesuai keinginan atau karena karirnya yang jalan di tempat. Untuk mengatasi hal tersebut pemuda itu terus berpindah pekerjaan. Suatu hari pemuda itu bertemu dengan temannya yang kini sudah menjabat sebagai direktur. Lalu ia mengeluhkan nasibnya yang tidak juga berubah dan menanyakan resep sukses temannya hingga dapat menjadi direktur di usia yang masih muda.


Teman si pemuda itu lalu mengatakan bahwa dia tidak mempunyai rahasia sukses. Yang ada hanyalah mengaktualisasi diri dan fokus pada kekuatan diri dan berusaha mengurangi kelemahan yang ada. Kemudian dia juga menceritakan pengalamannya. Sebelum ia menjabat sebagai direktur, ia juga mengalami hal yang juga dirasakan oleh pemuda itu. Dia merasa jenuh dengan pekerjaannya yang itu – itu juga dan berusaha keras untuk menanggulangi rasa jenuh itu dengan berbagai cara. Sampai pada suatu hari, dia menyadari bahwa dia mempunyai kelebihan di bidang penjualan. Akhirnya dia memfokuskan diri pada bidang tersebut dengan terus belajar dan belajar.

Mengganti pekerjaan dan pindah tempat kerja adalah hal yang biasa terjadi, namun janganlah pindah kerja ini dijadikan suatu ajang pelarian diri suatu masalah. Jika kita belum berhasil, yakinkan diri bahwa itu bukan karena kita tidak mampu tapi karena kita belum memaksimalkan semua kekuatan yang kita miliki. Jika kita mau mengaktualisasikan diri dengan menggali kemampuan dalam diri terus menerus, maka karir dipastikan akan meningkat lebih pesat dan kesuksesan menanti kita disana. Manusia itu disadari atau tidak akan menuju ke aktualisasi diri. Tapi kalau kita sadar dan lebih tahu bahwa kita berproses pada aktualisasi diri maka kesadaran ini akan membawa pada kemajuan.

Aktualisasi diri adalah bagaimana kita mengembangkan kekuatan diri kita sendiri. Dan untuk mempraktekkan aktualisasi diri diperlukan kesehatan dan kekayaan mental (kepercayaan diri, disiplin, tanggung jawab, dan integritas), karena dengan ini semua maka kita tahu mengenai kelebihan kita dan mampu mencapai apa yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar